Taman Kehati Panglungan - Ekowisata Laboratorium Alam

Taman Kehati Panglungan, yang terletak di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, adalah salah satu contoh sukses dari upaya konservasi alam yang sejalan dengan tujuan edukasi dan rekreasi. Dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang dan berada dalam kepemilikan Perusahaan Daerah Perkebunan Panglungan, taman ini telah menjadi daya tarik utama bagi para pencinta alam dan lingkungan.

Lokasi dan Sejarah

Diresmikan pada tahun 2011 oleh Menteri Lingkungan Hidup, Taman Kehati Panglungan memiliki luas 15 hektar. Berlokasi sekitar 30 kilometer dari pusat kota Jombang, melalui kecamatan Mojoagung ke Wonosalam, taman ini merupakan kawasan pencadangan dan pelestarian tanaman langka endemik Jawa Timur. Kawasan ini juga dikenal dengan koleksi ilmiahnya yang mencakup 130 spesies tumbuhan lokal penting dengan 2774 individu pohon yang dipelihara, termasuk spesies langka seperti Cendana, Nogosari, trenggulun, dan lain-lain.

Alamat : Jalan Kepluk, Kompleks Agrowisata Panglungan, Area Sawah/Kebun, Sumberjo, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61476

Konservasi Flora dan Fauna

Salah satu aspek utama dari Taman Kehati Panglungan adalah upayanya dalam menjaga keanekaragaman hayati. Berbagai jenis flora dan fauna, termasuk beberapa yang terancam punah, ditemukan di dalamnya. Ini termasuk burung langka, kera ekor panjang, dan tanaman endemik yang menjadi fokus perlindungan. Melalui pemeliharaan koleksi ilmiah dan program konservasi, taman ini berperan penting dalam melestarikan warisan alam yang berharga.

Aktivitas Edukasi dan Rekreasi



Selain sebagai kawasan konservasi, Taman Kehati Panglungan juga menyediakan berbagai aktivitas edukatif dan rekreasi untuk pengunjung. Trekking, jalan-jalan santai, camping, dan piknik adalah beberapa kegiatan yang dapat dinikmati sambil memahami lebih dalam tentang kehidupan alam dan pentingnya pelestarian lingkungan.


Edukasi Lingkungan dan Peran Komunitas

Taman Kehati Panglungan aktif dalam memberikan edukasi tentang lingkungan dan konservasi alam. Melalui program seperti workshop, seminar, dan tur edukatif, pengunjung diajak untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam. Tidak hanya itu, taman ini juga melibatkan komunitas setempat dan pihak terkait dalam menjaga keseimbangan ekosistem, menciptakan hubungan yang harmonis antara wisata dan pelestarian alam.

Kesimpulan

Taman Kehati Panglungan merupakan contoh yang baik tentang bagaimana wisata alam dapat diintegrasikan dengan konservasi lingkungan dan edukasi. Dengan menjaga keanekaragaman hayati dan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk belajar dan berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam, taman ini menjadi destinasi yang inspiratif bagi semua kalangan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan keanekaragaman Taman Kehati Panglungan saat Anda berkunjung ke Jawa Timur.


Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Jombang

Ditulis oleh :
Tim Komunitas Pariwisata Wonosalam
Tanah Ajaib Sejuta Wisata
www.pariwisatawonosalam.com

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari di web Ini

banner

Youtube

Facebook

Random Post

Pariwisata Jombang

banner