Tahfidz Camp MI Miftachul Hidayah di Wisata Selo Ageng: Pendidikan dan Petualangan Tak Terlupakan

Pada tanggal 17-18 Mei 2024, MI Miftachul Hidayah dari Dusun Wonoasri, Desa Pejagan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, mengadakan kegiatan Tahfidz Camp di Wisata Selo Ageng, atau lebih dikenal dengan Bigstone Park, Wonosalam.

Kegiatan ini diikuti oleh 38 siswa dan didampingi oleh 5 kakak pembina Pramuka, 8 guru, serta dua pendamping utama, yaitu Ibu Roudhotul Amin S.Pd.I, kepala sekolah, dan Ibu Umi Kholifah, S.Pd yang mewakili kepala sekolah.

Hari Pertama: Jumat, 17 Mei 2024

Persiapan dan Pembukaan

Kegiatan dimulai dengan persiapan mendirikan tenda yang dipandu oleh pembina pramuka. Siswa-siswi dengan antusias belajar cara mendirikan tenda, membangun kerjasama dan kemandirian. Setelah tenda siap, dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang khidmat.

Ibadah dan Kegiatan Tahfidz

Usai upacara, para peserta melaksanakan sholat ashar berjamaah dan tahlilan. Ini merupakan momen spiritual yang penting, mempererat hubungan dengan Allah SWT. Sesi Happy Tahfidz menjadi kegiatan utama, di mana siswa-siswi menghafal Al-Qur'an dengan cara yang menyenangkan.

Malam Hari: Materi dan Hiburan

Setelah ishoma dan istighosah, para peserta mendapatkan materi kepramukaan, di mana mereka belajar tentang nilai-nilai pramuka seperti kemandirian, keberanian, dan kerjasama. Kegiatan di malam hari dilanjutkan dengan pensi (pentas seni) dan api unggun, di mana siswa-siswi menampilkan berbagai bakat dan kreativitas mereka. Acara malam ditutup dengan sesi "Merajut Mimpi," di mana mereka menuliskan dan membagikan impian mereka.

Video Kegiatan Api Unggun

Hari Kedua: Sabtu, 18 Mei 2024

Pagi Hari: Ibadah dan Kebugaran

Kegiatan hari kedua dimulai dengan sholat lail dan sesi Happy Tahfidz. Setelah sholat subuh berjamaah, para peserta melakukan senam pagi untuk menjaga kebugaran tubuh. Kegiatan bersih diri dan makan pagi dilakukan sebelum melanjutkan kegiatan berikutnya.

Petualangan dan Pembelajaran

Sesi jelajah Wonosalam menjadi pengalaman petualangan yang menarik bagi para peserta. Mereka menjelajahi alam sekitar, belajar tentang flora dan fauna, serta menikmati keindahan alam Wonosalam. Setelah itu, mereka melaksanakan sholat dhuha berjamaah.

Permainan dan Penutupan

Berbagai permainan (games) diadakan untuk melatih kerjasama dan keterampilan peserta dalam suasana yang menyenangkan. Sesi Happy Time memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi cerita dan pengalaman. Setelah ishoma, kegiatan diakhiri dengan "Operasi Semut," yaitu kegiatan membersihkan lingkungan sekitar dan pembubaran tenda. Acara ditutup dengan penutupan resmi.

Kesimpulan

Ibu Roudhotul Amin S.Pd.I, kepala sekolah MI Miftachul Hidayah, memberikan kesan positif tentang kegiatan ini. "Tempatnya sangat nyaman dan pelayanannya memuaskan," ujarnya. Wisata Selo Ageng atau Bigstone Park Wonosalam terbukti menjadi lokasi yang sangat cocok untuk kegiatan seperti Tahfidz Camp ini. Suasana alam yang asri, fasilitas yang memadai, dan pelayanan yang baik membuat seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta. Kombinasi antara pendidikan, ibadah, petualangan, dan hiburan menjadikan Tahfidz Camp di Wisata Selo Ageng sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat dan berkesan.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari di web Ini

banner

Youtube

Facebook

Random Post

Pariwisata Jombang

banner